7 Alat Bantu Pengasuhan Anak yang Penuh Makna

Advertising






Advertising






“Kita khawatir mau jadi apa anak kita di masa mendatang, tapi kita lupa bahwa dia adalah ‘seseorang’ hari ini” – Stacia Tauscher

“Barangsiapa mengajar anak-anak akan belajar lebih banyak daripada anak-anak itu sendiri” – Peribahasa Jerman

"Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang daripada jalan itu (Amsal 22:6)

“Jauh lebih mudah untuk membangun anak-anak yang kuat daripada memperbaiki orang-orang dewasa yang rusak” – Frederick Douglass

“Hiduplah sebegitu rupa sehingga ketika anak-anakmu memikirkan kebaikan, kepedulian dan integritas, mereka memikirkanmu” – Jackson Brown, Jr

Tujuh Alat Bantu untuk Mengasuh Anak yang Penuh Makna


Alat Bantu 1: Pengasuhan Anak dengan Tujuan
Salah satu keputusan yang paling penting dan menarik yang dapat anda lakukan sebagai orangtua adalah menentukan tujuan keberhasilan untuk anak Anda. Memilih, mengkomunikasikan dan mengejar tujuan yang jelas dan sesuai dengan usia anak Anda akan memberi mereka tujuan yang akan membawa mereka ke dalam pengalaman menguasai dunia mereka saat mereka berusaha mencapai standar yang dibuat dalam hidup mereka. Definisi keberhasilan Anda untuk anak Anda haruslah mencerminkan minat, keterampilan dan kemampuan anak anda dan bukan hanya milik anda.

Dua gol yang mungkin perlu dipertimbangkan adalah sosialisasi dan keaslian. Sosialisasi berarti membantu anak Anda untuk menjadi warga negara yang bertanggung jawab, belajar bagaimana bekerjasama secara harmonis dengan orang lain, mengembangkan hubungan intim dan saling mempercayai. Keaslian dipupuk ketika Anda menetapkan tujuan sesuai dengan minat, kemampuan, dan bakat anak anda. Salah satu tanggung jawab besar yang Anda miliki sebagai orang tua "dan salah satu hadiah terbesar yang dapat Anda berikan kepada anak Anda" adalah mengajarkan mereka untuk mengembangkan bakat mereka sepenuhnya dan membangun kehidupan mereka di lingkungan mereka, yang memenuhi mereka.

Alat Bantu 2: Pengasuhan Anak dengan Kejelasan
Metode ini didasarkan pada prinsip bahwa komunikasi antara orang tua dan anak-anak mereka sangatlah penting untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang penuh kasih dan produktif. Anak-anak perlu dapat merasakan bahwa mereka memiliki kekuatan dan pengaruh tertentu dalam kerangka yang telah Anda buat dalam keluarga Anda. Cara utama untuk mengembangkan perasaan itu adalah dengan memberi mereka perhatian penuh dan memperhatikan dengan hati-hati apa yang mereka ingin sampaikan. Mendengarkan adalah kuncinya.

Terlalu sering, komunikasi hanya terjadi antara Anda dan anak Anda ketika krisis telah meletus. Sangatlah penting untuk berbicara tentang isu-isu penting tanpa berada dibawah tekanan. Waktu untuk membahas jam malam, misalnya, tidak dilakukan ketika anak pulang 30 menit terlambat. Aturan harus ditetapkan sebelum anak itu pergi keluar pada malam hari. Jika dia istirahat jam malam, simpanlah diskusi tentang akibat yang dia harus terima sampai keesokan harinya ketika Anda berdua tenang dan berkepala dingin. Berteriak dan menjerit dalam keadaan stress adalah bentuk komunikasi terburuk yang dapat Anda lakukan. Kadang-kadang kalau menyangkut tentang komunikasi, waktu adalah segalanya.

Anak-anak ingin didengar dan tahu bahwa perasaan mereka selalu dipertimbangkan. Mereka ingin tahu apakah mereka bisa mendapatkan hak-hak dan keistimewaan tertentu jika mereka melakukan apa yang diharapkan dari mereka. Mereka ingin memiliki pandangan mengenai kekuasaan, kemampuan untuk menciptakan apa yang mereka inginkan.


Alat Bantu 3: Pengasuhan Anak lewat Negosiasi
Sebagai orang tua, Anda dapat bernegosiasi dengan berbagai gaya yang berbeda. Langkah pertama adalah dengan menilai tipe  kepribadian apa yang Anda hadapi. Hal ini akan membantu anda mengambil jenis pendekatan dan negosiasi. Jika Anda punya anak yang sangat pemberontak, jangan selalu melakukan pendekatan atau negosiasi dengan kekerasan.

Salah satu langkah pertama dalam mengajar anak Anda dasar-dasar negosiasi adalah dengan memastikan apakah anak Anda dapat memprediksi konsekuensi dari tindakan mereka sehingga mereka memiliki rasa tanggung jawab atas akibat  yang dihasilkan. Lima langkah penting untuk negosiasi yang sukses adalah:

- Mempersempit daerah sengketa/permasalahan.
- Cari tahu apa yang mereka inginkan.
- Berusaha untuk menemukan jalan tengah.
- Jadilah spesifik dalam perjanjian dan hasil negosiasi Anda.
- Membuat perjanjian yang sudah dinegosiasikan, buatlah jangka waktu pendek di awal perjanjian.


Alat Bantu 4: Pengasuhan Anak dengan Sesuatu yang Mereka Anggap Penting
Jika Anda ingin anak Anda untuk berperilaku benar, Anda harus menetapkan standar perilaku yang Anda inginkan. Terlalu sering, orang tua hanya melihat perilaku yang tidak diinginkan dan gaya pengasuhannya adalah bereaksi dan mengeluh. Jika Anda berfokus pada pengembangan perilaku positif anak Anda, maka perilaku negatif tidak akan terlihat begitu besar. Anda juga harus menentukan ‘Sesuatu yang Dianggap Penting'  oleh anak Anda. ‘Sesuatu yang Penting’ adalah segala sesuatu yang bila diberikan selama atau segera setelah perilaku yang benar dilakukan, akan menambah kemungkinan perilaku yang sama terjadi lagi di masa mendatang. Carilah cara supaya  mereka bisa mendapatkan banyak dari apa yang mereka inginkan dengan melakukan perilaku yang tepat.
 
‘Sesuatu yang Dianggap Penting’  akan berbeda beda, bervariasi sesuai dengan usia anak Anda. Misalnya boneka hewan, DVD, hak istimewa menonton televisi dan komputer dan stereo. Setelah Anda memahami apa yang dia anggap penting dalam kehidupan anak Anda, maka Anda bisa membentuk perilaku nya.
 
Sangatlah efektif untuk menuliskan apa yang anda harap agar anak anda lakukan dan apa konsekuensinya jika ia tidak melakukannya.  Ini sering disebut kontrak perilaku

 

Alat Bantu 5: Pengasuhan Anak Melalui Perubahan
Anda harus bersedia untuk mengadopsi komitmen seperti prajurit khusus. Ini berarti memiliki mentalitas untuk melakukan apapun yang diperlukan. Ini mungkin berarti bahwa Anda harus mengambil dua minggu off dari pekerjaan Anda dan tinggal di rumah dengan anak-anak. Anda mungkin harus mengendarai mobil lebih murah, tinggal di rumah yang lebih kecil, mengurangi makan di luar atau berlibur dekat dengan rumah. Masa depan Anda dan anak-anak Anda yang dipertaruhkan. Masalah-masalah yang drastis membutuhkan solusi yang drastis juga. Ini namanya menciptakan ‘ketidakseimbangan’, karena hal ini dapat mengakibatkan peran dan perubahan kekuasaan terdefinisi ulang secara sementara, sehingga membuat semua yang berada didalamnya tidak merasa nyaman. Mengguncang sebuah keluarga membutuhkan perencanaan yang bijaksana


Beberapa cara untuk menciptakan ketidakseimbangan adalah dengan menulis komitmen, mengembangkan sistem komunikasi, mempertahankan sistem pendukung dan mengantisipasi perlawanan.

Alat Bantu 6: Pengasuhan Anak dalam Harmoni
Anda tidak harus bersaing dengan gangguan seperti TV, ponsel, video game atau pesan singkat. Cara terbaik untuk menyelesaikan misi Anda mengontrol keluarga adalah dengan menekankan pembersihan lingkungan. Semakin cepat Anda memulai proses ini dan semakin muda usia anak-anak Anda, maka semakin mudah untuk anda mengubah ritme kehidupan Anda, dan dampaknya akan semakin mendalam.

Anda dapat memulai dengan daftar sepuluh prioritas untuk keluarga anda. Kemudian buat daftar sepuluh hal  yang bisa membuang-buang waktu dalam rumah tangga Anda. Setelah Anda membandingkan dua daftar tersebut, tentukan apakah cara keluarga Anda hidup dan menghabiskan waktu itu sama dan sebangun. Jika Anda menemukan prioritas dan nilai-nilai di bagian atas daftar pertama Anda ternyata berada di bagian bawah daftar alokasi waktu Anda, Anda harus secara sadar memulai penataan kembali waktu, komitmen dan energi sedemikian rupa untuk menempatkan apa yang Anda anggap penting untuk kembali menjadi pusat panggung.
 
Alat Bantu 7: Pengasuhan Anak dengan Contoh
Model peran yang paling kuat dalam kehidupan setiap anak adalah orangtua yang sama jenis kelaminnya. Ini adalah fakta bahwa anak-anak belajar tingkah laku dengan mengamati perilaku orang lain dan mencatat konsekuensi prilaku mereka. Mereka menonton apa yang terjadi pada anggota keluarga ketika mereka berhasil atau gagal dan pengalaman-pengalaman anggota keluarga menjadi acuan bagaimana mereka hidup. Ini dikenal sebagai model.

Melalui kata-kata, perilaku, tindakan, dan cinta, Anda dapat mengarahkan anak-anak Anda ke mana Anda ingin mereka pergi. Tunjukkan pada mereka bagaimana menjadi orang dewasa yang bahagia, seimbang dan penuh. Buang setiap sikap negatif. Buang pola-pola perilaku merusak diri. Munculkan sikap positif.

Diterjemahkan dari drphil.com http://drphil.com/articles/article/165