Advertising






Advertising






 "Baik atau buruk, benar atau salah, anak-anak kita akan meniru dari kita" - Myles Munroe

 "Ujian terakhir keefektifan kita sebagai orang tua adalah menjadi seperti apakah cucu kita nanti" - Myles Munroe

“Jika ada hal-hal yang ingin kita ubah dari anak-anak kita, pertama-tama kita harus memeriksanya dan cek apakah itu sesuatu yang sebenarnya harus kita ubah dari diri kita sendiri atau tidak” – Jung

10 Jalan untuk Mengajarkan Nilai pada Anak-Anak Anda

 

Hidup dalam masyarakat yang menantang dan penuh konsumerisme yang mengajarkan nilai-nilai yang tidak anda percayai, bagaimanakah orang tua dapat mengajarkan nilai-nilai yang penting bagi anak-anak mereka? Disini ada 10 ide yang mungkin bisa menolong anda :

 

1.Ceritakan pada mereka tentang hidupmu dan mengajarlah melalui cerita-ceritamu

Anak-anak senang mendengarkan cerita-cerita masa kecilmu. Masukkan beberapa masalah moral dan anda akan mempunyai kesempatan hebat untuk mengajar tentang nilai yang penting untuk mereka. Tentunya ini jauh lebih menarik daripada menasihati anak anda!

 

2.Hiduplah sesuai dengan nilai-nilai yang anda ajarkan – berjalan sesuai dengan omongan anda

Anak-anak belajar dengan cara meniru, apalagi di usia muda. Mereka sangat kritis melihat apakah yang anda katakan dan anda lakukan sesuai. Jangan memberikan mereka sinyal-sinyal yang membingungkan; ikutilah nilai-nilai anda setiap saat.

 

3.Beritahu mereka tentang agama atau kepercayaan anda

Di masa ini, sangatlah penting agar mereka tahu bahwa mereka tidak sendiri. Membesarkan anak-anak di komunitas orang beriman akan menguatkan nilai-nilai mereka dan memberikan orang tua ‘pengaruh’

 

4.Berikan perhatian pada orang-orang lain yang juga mengajarkan nilai pada anak-anak anda
Berkenalanlah dengan guru, pelatih, saudara anak-anak anda. Siapapun yang menghabiskan waktu dengan anak-anak anda, bisa mempengaruhi mereka. Kenalilah nilai-nilai dengan kepercayaan mereka.

 

5.Tanyakan anak-anak anda dengan pertanyaan yang mendorong percakapan tentang nilai

Menasihati anak-anak tentang nilai-nilai yang harus mereka miliki tidak selalu efektif, terutama jika mereka sudah lebih besar. Bertanya kepada mereka pertanyaan-pertanyaan ‘yang membuat penasaran’ akan mendorong munculnya diskusi yang akhirnya membicarakan tentang nilai. “Bagaimana menurutmu perkelahian itu,” jauh lebih efektif daripada, “Dia seharusnya tidak memulai perkelahian itu”.

 

6.Berbicaralah tentang nilai kepada mereka dalam cara yang santai dan menyenangkan

Berkhotbah tentang nilai-nilai kepada anak-anak setelah mereka melakukan kesalahan akan selalu membuat anak-anak menutup diri mereka! Berbicaralah saat semua orang santai dan lakukanlah dengan cara komunikasi yang menyenangkan. Mereka akan jauh lebih mendengarkan daripada ketika anda menunjuk-nunjuk.

 

7.Bacakan kisah-kisa fairy tales ketika mereka masih kecil
Fairy tales biasanya menarik perhatian dan anak-anak dan dengan mudah dapat dijadikan diskusi tentang nilai-nilai. Anak-anak akan belajar tentang nilai lebih cepat ketika mereka tertarik dengan topiknya.

 

8.Ikut sertakan anak-anak anda dalam kesenian, aktivitas, atau menolong orang lain, serta batasi TV dan video games
Anak-anak mempelajari nilai dengan melakukannya. Biarkan mereka merasakan pengalaman menolong orang lain dan libatkan mereka dalam aktivitas yang memperluas kreativitas mereka.

 

9.Bicarakanlah tentang nilai-nilai dalam keluarga anda sesering mungkin

Hal ini akan membuat anak-anak anda tahu bahwa itu penting dan ini bukan saja hal-hal yang anda bicarakan ketika mereka berbuat salah saja.

 

10.Buatlah harapan yang tinggi untuk sistem nilai anak anda

Anak-anak cenderung bertumbuh ke tingkat  pengharapan yang orang tua punya terhadap mereka. Sistim nilai mereka kadang mencerminkan pengharapan anda atas mereka yang tinggi.

 

Mark Brandenburg

Diterjemahkan dari : http://www.thoughts-about-god.com/family/teach-values-to-kids.html