“Kesabaran dan keuletan mempunyai efek keajaiban yang bisa membuat kesulitan menghilang dan tantangan memudar” - John Quincy Adams

“Orang yang tidak berbuat kesalahan apapun berarti tidak pernah mencoba apapun” – Albert Einstein

“Lakukan yang terbaik sampai kau tahu yang lebih baik. Ketika kau mengetahui yang lebih lagi, lakukan lebih baik” - Maya Angelou

“Rahasia untuk bisa berada paling depan adalah dengan segera memulai. Rahasia untuk menyelesaikan adalah dengan memecah tugas besar yang kompleks itu menjadi tugas-tugas kecil yang bisa dikerjakan, dan mulailah kerjakan tugas yang pertama” – Mark Twain

Bukalah Potensimu secara Penuh untuk Kesuksesan

 

"Kesuksesan adalah sebuah proses, bukan satu peristiwa. Sebuah perjalanan, bukan sebuah tujuan.” - Zig Ziglar

Untuk menjadi sukses, kamu harus mengembangkan pola pikir/mindset yang sukses juga, dan kamu harus mengatur ulang hidupmu. Setiap pencapaian sukses dimulai dari pikiran seseorang. Toko Macy semula berawal dari pikiran seseorang. Microsoft Window berawal dari pikiran Bill Gate. Apapun yang sudah kamu peroleh sejauh ini bukanlah menyatakan kemampuanmu, melainkan menyatakan cara kamu berpikir tentang kemampuanmu. Ubahlah pola berpikirmu – ubahlah level kesuksesanmu – ubahlah hidupmu !

Jika kamu melakukan segala sesuatu sama persis seperti yang selaku kamu lakukan, maka hidupmu akan selalu sama seperti sekarang atau bahkan akan menjadi lebih buruk ! Apakah kamu benar-benar bisa menerima itu? Jika hidupmu tetap sama, keuntungan apakah yang akan kamu lewatkan? Apa yang akan terus tinggal dalam hidupmu sekalipun kamu tidak  menyukainya? Tulislah semua itu, dan pasanglah di dindingmu untuk memotivasimu supaya kamu segera mulai, maju pada jalan kesuksesan.

 

Biarlah saya memberitahumu sesuatu, kesuksesan jarang sekali didapat melalui kesempatan. Ada beberapa kunci supaya bisa sukses dalam hidup. Semakin cepat kamu belajar menerapkan kunci-kunci ini, semakin cepat pula kamu kan berada dalam perjalanan untuk menjadi orang yang sukses. Setiap hari kamu akan memiliki sedikit kesempatan yang bisa kamu raih. Apakah kamu bisa atau tidak bisa meraihnya tergantung pada dirimu. Kebanyakan dari kesempatan ini membutuhkan sedikit perubahan. Setiap transformasi membutuhkan perubahan. Terbukalah untuk berubah, supaya kamu juga bisa mengubah hidupmu.

 

Jikalau kamu mencoba untuk mengejar kesuksesan, kamu tidak akan menemukannya. Kesuksesan bukanlah sesuatu yang kamu kejar; kesuksesan adalah sesuatu yang kamu ciptakan dari dalam. Jikalau kamu serius untuk menjadi sukses, inilah saatnya untuk mengubah fantasi menjadi sebuah mimpi. Sebuah mimpi adalah sesuatu yang bisa dikerjakan, supaya bisa dicapai, sedangkan fantasi hanyalah angan-angan belaka. Inilah saatnya untuk kembali ke mimpimu dengan tindakan-tindakan yang positif.

Kita semua bisa menuju kepada kebesaran. Kita bisa bergerak dari ‘sesuatu yang bisa diterima’ ke ‘berkelimpahan’. Bukanlah kehendak Tuhan supaya kita hidup pas pas an dari gaji ke gaji. Tuhan menginginkan agar kita bisa mencapai kesuksesan. Sangatlah mungkin untuk mencapai kesuksesan tanpa Allah. Tapi, kita hanya bisa mencapai kesuksesan sejati, yang datang dari kepenuhan, melalui Kristus; Yohanes 10:10b – “Aku datang supaya mereka memiliki hidup dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.”


Kita harus melakukan bagian kita. Kita harus menabur usaha kita sebagai benih dihadapan Tuhan, mengkombinasikannya dengan iman, supaya nanti kita menuai kelimpahan kita. Tuhan sanggup memberi kita panen yang besar dari benih kita, jika kita setia : Efesus 3:20 – “Dengan kuasa Allah yang giat bekerja di dalam diri kita, Allah dapat melakukan jauh lebih banyak daripada apa yang dapat kita minta atau pikirkan.” (BIS)

Kunci-kunci untuk Membuka Potensi Kita mencapai Kesuksesan

 

Motivasi pribadi: Motivasi membawamu bangun dari tempat tidur, sehingga kamu bisa bekerja untuk kesuksesanmu. Tanpa motivasi, kamu tidak bisa diganggu sama sekali. Walaupun sangat menolong jika orang terdekatmu ikut memotivasimu, tidak ada seorangpun yang bisa memotivasimu seperti dirimu sendiri. Ini berbagai cara untuk memotivasi dirimu sendiri :

 

  1. Tentukan mimpi-mimpimu dan pecahlah mereka dalam tujuan-tujuan spesifik dan tulislah mereka sebagai ‘daftar hal-hal yang harus dilakukan’. Daftar ini adalah daftar tugas-tugas yang harus kamu lakukan supaya bisa mencapai mimpimu.
  2. Tulislah tentang bagaimana hidupmu akan berubah jika kamu mencapai semua tujuan-tujuanmu, dan taruhlah daftarmu ditempat yang bisa kamu lihat setiap hari.
  3. Berdoalah kepada Tuhan untuk menguatkanmu mencapai tujuan-tujuanmu. 
     
    Manajemen Waktu : Waktu yang sudah dihabiskan tidak bisa didapatkan lagi. Kamu tidak bisa balik ke usia 19 tahun lagi, tidak peduli apapun yang kamu lakukan. Maksimalkan waktumu dengan :  

 

  1. Identifikasi dan hilangkan segala aktivitas yang menghabiskan energimu. Kamu harus memfokuskan seluruh energi mu pada prioritas-prioritasmu, jika kamu ingin mencapai kesuksesan.   
  2. Identifikasi dan hilangkan hal-hal yang menyia-yiakan waktu di hidupmu. Ini bisa jadi orang, kebiasaan buruk atau masalah hidup.

 

Penjadwalan : Ini berarti melihat waktumu yang tersedia, dan merencanakan bagaimana kamu akan menggunakannya untuk mencapai tujuanmu. Perencanaan ke depan juga akan mengurangi stress karena penundaan atau kebingungan.

 

Rencana untuk Bertindak : Ini berarti membuat daftar tugas-tugas yang kamu perlu lanjutkan, supaya kamu bisa mengingatkan dan memotivasi dirimu sendiri. ‘Rencana bertindak’ berbeda dari ‘daftar hal yang harus dilakukan’ karena ‘rencana bertindak’ berfokus untuk mencapai satu tujuan tunggal.

Fokus yang Kuat : Salah satu alasan utama kenapa orang tidak bisa memaksimalkan potensi mereka adalah karena mereka kehilangan fokus. Kemampuan untuk fokus pada prioritas membutuhkan kedisiplinan. Hidup itu penuh dengan gangguan. Ada banyak orang dan masalah yang ingin mencuri kedamaian, sukacita, kebebasan dan perhatianmu. Kamu tidak akan sanggup menanggapi semua hal itu, karena kamu membutuhkan  energi yang terpusat untuk mencapai kesuksesanmu. Kamu membutuhkan minat. Minat atau hasrat tidak bisa disamakan dengan obsesi. Minat adalah ketertarikan yang sehat dan kamu bisa beristirahat kapan saja kamu mau. Obsesi adalah ketertarikan terhadap sesuatu yang tidak sehat dan tidak bisa kamu kendalikan, dan kamu tidak bisa berhenti. Untuk menjadi sukses kamu harus fokus pada hasratmu. Minat dan hasratmu adalah kunci untuk tujuan hidupmu. Kekuatanmu melengkapi tujuan hidupmu. Kamu juga harus fokus untuk belajar dan menjadi ahli dalam segala sesuatu. Jika fokus tidak mudah untuk kamu lakukan dan kamu tidak mempunyai hasrat/minat untuk apapun juga, ingatlah saat-saat dulu kamu mempunyai hasrat/minat dalam hidupmu. Apa yang kamu senang untuk melakukan?  Berdoalah kepada Tuhan , supaya memberimu hasrat/minat lagi : Yakobus 1:5 – “Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah,yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit,maka hal itu akan diberikan kepadanya.”

 

Menerima Perubahan : Jika kamu menginginkan sesuatu berubah dalam hidupmu, kamu harus berubah. Segala sesuatunya dimulai dari dirimu. Kesuksesan dan perubahan membutuhkan beberapa perubahan. Tanpa perubahan tidak akan ada pertumbuhan, dan ini termasuk dalam pertumbuhan keuangan. Supaya kamu bisa sukses dalam hidup, kamu harus belajar untuk menerima dan mengatur perubahan baik yang diharapkan maupun perubahan yang tidak diharapkan. Hidup itu selalu berubah dan kita tidak bisa mengubahnya, tapi kita bisa mengubah efek/akibat dari perubahan itu dalam hidup kita, supaya perubahan itu bisa membawa keuntungan buat kita. Buatlah usaha yang berarti untuk mengontrol aliran perubahan dalam hidupmu, dengan cara melihat semuanya itu sebagai lembaran baru. Jadi perubahan tidak akan membuatmu merasa terpenjara.

 

Citra Diri : citra diri adalah gambaran mental tentang diri kita sendiri, yang terus menerus beroperasi di belakang pikiran kita. Itu adalah cara kita melihat diri kita sendiri, akibat dari pengalaman-pengalaman masa lalu kita dan asumsi-asumsi kita tentang hidup. Walaupun semua asumsi itu belum tentu benar. Kamu harus meningkatkan citra dirimu menjadi citra diri yang sukses. Perbaikilah gambaran dirimu sendiri, dengan mulai melihat dirimu sebagai pemenang yang dijadikan oleh Tuhan. Gambaran dirimu mengontrol cara kamu hidup dan keputusan-keputusan yang kamu buat. Citra diri bisa membuatmu untuk mendekat atau menjauh dari tujuanmu, tergantung pada cara kamu melihat dirimu sendiri. Kamu bisa mencapai apapun yang kamu pikirkan , tapi jika kamu terus menerus mengingatkan dirimu bahwa kamu tidak bisa melakukannya, maka kamu tidak akan pernah bisa. “Jika kamu berpikir kamu bisa atau kamu bepikir kamu tidak bisa, kamu benar.” – Henry Ford. Amsal 23:7 – “Sebab seperti orang yang membuat perhitungan dalam dirinya sendiri demikianlah ia.“

 

Temukan Dirimu Lagi : Jika segala sesuatu tidak berjalan lancar di hidupmu, selalu pilihlah untuk memulai lagi dari awal. Mulai hari ini, pandanglah hidupmu dengan kacamata yang berbeda. Mulailah melihat keadaanmu dengan cara yang berbeda. Lihatlah hidupmu dan berpikirlah, bagaimana saya bisa mengubah semuanya ini? Untuk menemukan dirimu lagi, kamu harus memperbaiki kebiasaanmu, kemampuanmu, gambaranmu, keahlian komunikasimu, nilai dirimu, pemikiranmu, dan ini semua akan membawamu ke tingkat yang lebih tinggi dan sangatlah berharga. Kamu bisa meningkatkan semua ini secara perlahan dan tidak semua secara bersamaan langsung. Kamu tidak bisa tinggal dalam keadaanmu sekarang ini, dan kehilangan kesempatan untuk menjadi sukses. Orang-orang yang sukses kebanyakan bukanlah orang-orang yang paling banyak talentanya, tapi adalah orang-orang yang lebih siap.

 

Fokuslah pada Kekuatanmu : Lakukanlah segala sesuatu untuk memperbaiki kelemahanmu, tapi fokuslah pada kekuatanmu. Temukan dan gunakan kekuatanmu yang unik untuk menyelesaikan masalah-masalahmu yang juga unik. Ini akan membawamu kepada kesuksesanmu dan memposisikan dirimu sebagai ahli. Ada sesuatu yang unik dalam dirimu, janganlah merasa bersalah karena hal itu, dan malah mencoba untuk menjadi seperti orang lain. Perbesarlah keunikanmu dan banggalah karenanya. Setiap orang itu unik, tapi dunia selalu berusaha menempatkan kita dalam kotak pembatasan, kita sama saja seperti orang yang lain. Temukan apa yang membuat dirimu berbeda, dan rayakanlah hal tersebut. Saat kamu menggunakan kelebihanmu, kamu akan menemukan kebesaranmu.

 

By Henrietta Elegunde

Diterjemahkan dari : http://www.sacredmint.com/community/christian-article-unlock-your-full-potential-for-success.htm