“Orang-orang yang sukses  menabung disaat makmur sehingga mereka mempunyai perlindungan keuangan di saat resesi” – Brian Tracy

“Harapkan yang terbaik. Bersiaplah untuk yang terburuk. Pergunakanlah kesempatan yang datang” – Zig Ziglar

“Keamanan dan kemerdekaan keuangan seperti bangku berkaki tiga yaitu tabungan, asuransi dan investasi” – Brian Tracy


How to "PASS"

  

Entah kamu sedang berusaha untuk hidup hemat, bekerja keras mendapatkan uang lebih supaya bebas hutang, kamu bisa sukses - PASS - dengan melakukan sebagai berikut :

 

Plan / Perencanaan. Kamu tidak bisa melakukan apapun tanpa perencanaan. Jikalau kamu mencoba menyelesaikan segala sesuatu tanpa perencanaan, itu akan sama seperti mengendarai mobil di jalan dengan mata tertutup. Kamu akan berakhir di selokan.

Mulailah dengan target apa yang ingin kamu capai. Bagaimana caranya kamu mengukur kemajuannya? Jika apa yang kamu ingin capai tidak bisa diukur, bagaimana kamu tahu bahwa kamu sudah mencapainya?  Rencana selalu mempunyai jangka waktu yang jelas, kalau tidak punya jangka waktu itu berarti mimpi, bukan rencana. Apa yang ingin kamu capai harus bisa dijelaskan secara detail : saya ingin melunasi hutang saya rp. 5.000.000,- sebelum Natal tahun ini. Saya ingin mempunyai uang rp. 15.000.000 untuk bulan madu sebelum saya saya menikah bulan Juni. Target yang bisa diukur selalu bisa dicapai. Target yang tidak jelas, sulit di capai.

 

Rencana yang kamu buat juga harus realistik. Membuat target mengumpulkan uang Rp. 40.000.000 untuk uang muka rumah selama 3 tahun sangat tidak realistik jika gaji yang kamu peroleh hanya gaji minimum, kecuali kalau kamu pindah kerja dengan gaji yang lebih bagus. Jadilah fleksibel, tidak ada peraturan bahwa rencana tidak bisa diubah. Jika prioritas atau keadaanmu berubah, rencanamu juga harus berubah.


Act / Bertindak. Rencana yang terbaik pun tidak bisa membuat perbedaan jika kamu tidak bertindak. Beberapa orang menghabiskan waktu untuk menyusun rencana mereka bersama, tapi mereka tidak punya energi untuk menindaklanjuti rencana mereka. Atau mungkinkah karena mereka takut gagal sehingga akhirnya mereka berhenti setelah membuat rencana?

 

Ambil contoh, ada seorang gadis yang saya tangani, namanya Sally. Sally sudah lama ingin membuka bisnis sendiri. Dia punya bakat, dia punya visi dan selama lima tahun terakhir dia merencanakan bisnis tersebut. Tapi yang Sally tidak punya adalah keberanian. Dia ketakutan untuk melaksanakan rencananya.

 

Setelah kamu mempunyai rencana yang jelas, kamu harus punya keyakinan dalam dirimu sendiri bahwa kamu bisa melakukannya. Saya selalu percaya bahwa setiap orang bisa melakukan apapun yang mereka ingin lakukan. Tapi tidak pada orang-orang yang berkata mereka ingin melakukan sesuatu tapi tindakannya berbeda dengan apa yang dikatakannya.  Hanya orang-orang yang tahu persis apa yang mereka inginkan dan punya keberanian untuk melakukannya lah yang akan berhasil.

 

Kadang dibutuhkan “Stick to it” atau kepatuhan/melekat pada rencana yang bisa membawa kamu dari awal sampai ke tujuan. Kalau kamu tidak punya energi atau inisiatif menjalani rencanamu, kamu tidak akan berhasil. Kekuatan untuk mematuhi atau melekat pada rencana kamu lah yang membedakan orang dewasa dan anak-anak. Itulah salah satu hal yang tidak dipunyai orang-orang ketika sebuah rencana tidak terwujud.

 

Orang-orang yang melekat dengan rencana mereka, tidak pernah menyerah. Ketika kelihatan suram atau tanpa harapan, mereka mengecek kembali rencana mereka, melihat apakah ada masalah disana. Atau mereka mengubah jangka waktunya. Atau mereka mencari pertolongan lain untuk melaksanakan rencana tersebut. Tapi mereka tetap maju. Bahkan ketika rencana awal tidak berhasil, orang-orang yang melekat dengan rencana mereka akan belajar lagi dan mencari pertolongan sehingga sukses dengan rencana B nya.

 

Pada akhirnya, yang penting adalah kesuksesan. Yah, Success/Sukses adalah S terakhir dari PASS. Jadi kalau dijumlahkan akan seperti ini :

 

Plan + Action + Stick-to-it = Success

 

Sekarang giliranmu, apa ada hal yang kamu ingin lakukan? Ayo, bekerja keras supaya berhasil.

Gail Vaz Oxlade

How to pass - www.gailvazoxlade.com