"Kalau kamu lahir miskin itu bukan salahmu tetapi kalau kamu mati miskin itu baru salahmu" – Bill Gates

“Alasan utama mengapa kebanyakan orang tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan adalah karena mereka tidak tahu apa yang mereka inginkan” – T.Harv Eker


"Menabung artinya mengambil uang dari pendapatanmu dan menaruhnya terpisah dari uang lain dan tidak digunakan sama sekali" - Gail Vaz Oxlade

“Waktu itu lebih berharga daripada uang. Kamu bisa memperoleh banyak uang, tapi kamu tidak bisa memperoleh lebih banyak waktu” – Jim Rohn 

Pensiun

Tidak perlu diterapkan orang yang hidup ?

 

Saya ingat pernah menertawakan teman saya ketika dia berulang tahun yang ke-30. Usianya bertambah, kami tertawa sambil menangis. Tiga puluh tahun kelihatan begitu tua saat saya berumur 20 an; saya tidak pernah memikirkan masa depan. Saya tidak pernah membayangkan bahwa saya nanti akan bertambah umur menjadi 30 tahun.

Pada masa-masa itu, saya tinggal sendiri di apartemen satu kamar saya, bekerja di pekerjaan pertama saya setelah lulus dari kampus. Saya bisa membeli sebuah mobil dan apartemen; saya sanggup membayar biaya makan saya, semua tagihan saya terbayar dan kucing saya hidup. Saya punya tabungan pensiun yang dibayar oleh perusahaan saya, tapi saya tidak pernah memberikan perhatian khusus tentang itu. Saya sama sekali tidak pernah berpikir untuk menyimpan uang yang tidak bisa saya ambil sekarang untuk masa pensiun saya nanti.

 

Kemudian saya berumur 40 tahun.

 

Ya, berubah begitu saja.

 

Dulu saya masih berumur 20 tahun an, berkedip – dan sekarang saya berumur 40 tahun.

 

Bagaimana saya bisa sampai disini?

 

Saya tidak bermaksud meremehkan hidup saya yang terjadi waktu saya berumur 20 – 30 tahun an. Tahun-tahun itu menentukan siapa saya hari ini. Saya menikah, mempunyai anak, dan belajar banyak tentang siapa saya dan hasrat kehidupan saya. Pada umur 40 tahun ini, saya akhirnya bisa berkata bahwa saya menikmati diri saya sendiri, merasa nyaman dan tidak ingin mengubah apapun.

 

Tidak juga… ada satu hal yang ingin saya ubah.

 

Saya ingin lebih memperhatikan tabungan untuk masa pensiun saya. Saya akan merawatnya dengan baik, memberikan lebih banyak didalamnya. Saya akan memperlakukan itu seperti anak saya sendiri, atau setidaknya seperti binatang piaraan saya. Tapi seperti banyak orang lainnya, saya tidak menyadari pentingnya perencanaan pensiun, sampai saat saya merasa tidak punya apa-apa lagi untuk bisa melakukannya. Dan saat ini usia saya masih sangat jauh dari usia pensiun. Pekerjaan masa lalu saya, keputusan gaya hidup seperti memilih tinggal dirumah bersama anak saya, kejadian tak terduga menimpa suami saya dan saya sehingga kami sekarang berada dalam posisi yang tidak memungkinkan kami bisa pensiun nanti. Tahun lalu, kami bertemu dengan penasihat keuangan kami dan berbicara dengannya mengenai perencanaan untuk pensiun. Tapi membicarakan mengenai hal itu dan mempraktekkannya adalah dua hal yang berbeda.

 

Ada begitu banyak pertanyaan dan pikiran yang muncul ketika membicarakan tentang masalah pensiun. Bagaimana kita tahu berapa banyak uang yang akan kita butuhkan nanti? Bagaimana kita bisa yakin kalau kita tidak akan kekurangan uang? Bagaimana kita menentukan di umur berapa kita pensiun? Bagaimana kita merencanakan pengeluaran yang tidak diharapkan?

 

Saya belum pernah mengenal seseorang yang bisa pensiun tanpa perlu kuatir mengenai pembayaran tagihan, dan saya yakin, berdasarkan jumlah orang yang saya temui dalam pekerjaan retail, untuk pensiun di usia 60 tahun sangatlah sulit. Setidaknya bagi orang yang memilih untuk tidak hidup di dalam mobil di garasi rumah anak mereka. Tapi saya percaya dengan perencanaan yang tepat, bahkan ketika memulainya di usia 40 tahun, akan dapat menolong kita mencapai tujuan kita. 

 

Kami mempunyai 25 tahun untuk dapat mencapai usia pensiun dan mencapai pensiun yang kami inginkan, saya benar-benar tidak ingin bekerja setelah umur 65 tahun. Saya selalu bermimpi suatu hari nanti saya akan berdiri di depan Walmart (supermarket) untuk berbuat hal-hal yang sangat aneh hanya untuk melihat reaksi orang-orang (saya terinspirasi oleh artis Betty White), dan saya pasti tidak akan bisa melakukannya jika saya membutuhkan pekerjaan disana. Jadi kami melakukan perubahan kecil dalam hidup kami, yang tidak begitu menyakitkan namun akan menambah simpanan kami untuk masa pensiun kami tiap bulannya.

 

Apakah kamu mempunyai rencana pensiun?

 

Apakah kamu berada di jalur yang benar untuk mencapai tujuanmu?

 

Jika tidak, apakah ada sesuatu yang bisa kamu mulai lakukan untuk menabung demi masa depan? Berhenti minum kopi setiap pagi dan menghemat uang dari situ? Membawa makan siang dari rumah ketimbang makan siang di luar? Kadang-kadang perubahan yang kecil bisa membawa perubahan yang besar.

 

Tahun depan nanti kamu pasti berharap bahwa kamu sudah memulainya sekarang.

 

Ditulis oleh Kimberly Grabinski

 

Diterjemahkan dari  : http://www.workingmother.com/money-talks/retirement-living-need-not-apply