Mengasuh Anak sesuai dengan Kepribadian Anak

Advertising






Advertising






“Setiap anak harus tahu bahwa ia adalah keajaiban, sejak awal dunia dan sampai akhir dunia, tidak ada dan tidak akan pernah ada seorang anak yang seperti dia” – Pablo Cassals

“Setiap anak yang baru lahir ke dunia adalah ide terbaru dari Tuhan, sesuatu yang segar dan penuh dengan berbagai kemungkinan” – Kate Douglas Wiggin

“Anak-anak adalah pesan hidup yang kita kirim ke masa yang tidak akan kita lihat “ – Neil Postman

Bagaimana Mengasuh Anak-Anak Sesuai dengan Kepribadian Masing-Masing Anak


Apa definisi anda tentang sukses sebagai orangtua?
Kebanyakan orangtua memmpunyai tujuan berkarir ataupun tujuan berhubungan, tapi gagal menetapkan tujuan sebagai orangtua. Anda harus mempunyai definisi yang jelas mengenai sukses sebagai orangtua, dan langkah-langkah yang harus anda ambil untuk mencapai tujuan tersebut. Seorang tamu di show memberikan definisinya, yaitu melihat anak-anaknya tumbuh bahagia, aman dan merasa percaya diri. Dr. Phil mengatakan bahwa itu adalah tujuan yang bagus, tapi harus ditambahkan kalau orangtua harus “menolong anak mereka menemukan jati diri mereka yang sebenarnya – menemukan siapa mereka dan keunikan mereka”. Temukan kelebihan anak-anak anda dan kembangkanlah itu.

 

Kerjakan yang kelihatan bisa berhasil.
Beberapa orang tua yang sering berteriak atau memukul pantat anak mereka berulang kali, malah melihat anaknya semakin tidak taat terhadap mereka. Dr. Phil menentang tipe orang tua seperti ini. “Jika cara anda membesarkan anak berhasil, maka anda tidak perlu melakukan hal tersebut berulang-ulang kali,” katanya. Jika anda adalah orang tua yang efektif, maka anak-anak anda akan lebih menghormati, menghargai dan taat kepada anda. Jika tidak, maka anda harus mengubah gaya/cara anda mendidik anak anda.

 

Tiap anak membutuhkan cara yang berbeda.
"Anda harus seperti bunglon," kata Dr. Phil. "Anda harus mengubah gaya/cara dengan anak yang lain.” Misalnya, jikalau anda adalah orangtua yang keras, anda harus melakukan pendekatan yang lebih lembut terhadap anak anda yang pembangkang. Biarkan anak anda memutuskan beberapa hal, dan berikan ide-ide dan solusi.

 

Berikan waktu untuk masing-masing anak.
Hargailah perbedaan masing-masing anak anda. “Sangatlah penting kalau anak anda merasa spesial di rumah sehingga mereka juga akan merasa spesial ketika mereka berada di luar rumah,” kata Dr. Phil. “Satu cara terbaik yang bisa dilakukan adalah membangun relasi/hubungan yang unik dengan masing-masing anak.” Meskipun kebiasaan keluarga secara bersama penting, kegiatan terpisah dengan masing-masing anak dapat menolong mereka menghargai individualitas mereka.

 

Menjadi contoh sangatlah penting.
Anak-anak belajar dari apa yang mereka jalani. Apakah anda meminta anak-anak anda membersihkan kamar mereka, padahal mereka melihat kamar anda sendiri berantakan? Hal seperti ini tidak menciptakan rasa tanggung jawab pada anak-anak. Lakukan apa yang anda katakan akan anda lakukan dan perbaikilah usaha-usahamu.

 

Anak-anak seharusnya bisa memprediksi akibat perbuatan mereka.

"Ketika anda merencanakan konsekuensi, anda harus merencanakan apakah hal itu akan berhasil atau tidak,” kata Dr. Phill. Seorang tamu dalam show berkata bahwa ia mengambil mainan video game anak-anaknya jika mereka tidak membersihkan kamar mereka, tetapi ternyata mereka masih bisa menonton video. “Saya sendiri, di rumah saya berkata, ‘saya ingin kalian membereskan kamar kalian masing-masing, jika ada barang-barang yang tertinggal dan tidak diletakkan ditempatnya, akan saya buang dan berikan ke tempat penampungan/pembuangan,” saran Dr. Phill. Dengan membuat anak-anak bisa memprediksi akibat/konsekuensi perbuatan mereka secara 100 persen akurat, mereka akan belajar untuk menjaga kamar mereka bersih dan mereka akan belajar bertanggung jawab dalam hidup mereka.

 

Diterjemahkan dari drphil. com http://drphil.com/articles/article/156