Spice up Your Life

"Lakukan apa yang bisa kamu lakukan, dengan apa yang kamu miliki, dimanapun kamu berada" - Theodore Roosevelt

"Yang harus kita putuskan adalah apa yang akan kita lakukan dengan waktu yang diberikan kepada kita" - Gandalf, The Lord of the Rings

“Jangan katakan bahwa kamu tidak mempunyai cukup waktu. Kamu mendapat waktu dengan jumlah jam yang sama persis dengan jumlah jam sehari yang diberikan kepada Helen Keller, Pasteur, Michaelangelo, Mother Teresa, Leonardo da Vinci, Thomas Jefferson, dan Albert Einstein” - H. Jackson Brown Jr


 

 Ingatlah untuk hidup dalam hidupmu hari ini.


Hari ini adalah hari yang indah untuk hidup, untuk menjadi orang seperti adanya kamu sekarang. Hari yang indah, begitu sederhananya


Jangan habiskan energimu untuk mencoba memiliki atau mengontrol segala sesuatu. Jangan biarkan dirimu terbebani oleh hal-hal yang terjadi dimasa lalu. Jangan kuatir untuk menjadi orang yang ‘benar’ atau membuat orang lain terkesan


Fokuslah bukan pada hal-hal yang belum pernah ada atau tercipta sekarang ini. Berusahalah untuk memberikan yang terbaik untuk orang-orang sekitarmu. Temukan cara-cara yang unik untuk mengekspresikan dirimu. Ambillah keputusan untuk menikmati hal-hal yang baik dalam hidupmu. Lihatlah segala sesuatu yang terjadi sebagai kesempatan yang diberikan untukmu bertumbuh .


Terimalah dan mengucap syukurlah atas apapun yang kamu miliki hari ini. Bermimpilah dan carilah jalan untuk mengikuti mimpimu. Hidup ini begitu berharga dan indah. Setiap napas yang kamu hirup adalah kesempatan untuk bertumbuh dan hidup dalam kehidupan yang penuh.


Ralph Marston

Fokuslah ke Arah yang Benar

 

Seorang teman pernah mendatangi saya dan berkata bahwa ia iri melihat hidup saya, melihat kesuksesan pekerjaan, kebahagiaan bersama keluarga dan teman-teman saya. “Elu enak banget yah hidupnya”, katanya. Meskipun sudah saya katakan bahwa hidup saya juga mengalami jatuh bangun, ia sepertinya tidak mau mendengar. “Iya, tapi tetap keliatannya hidup elu lebih enak daripada hidup gue.” Saya tertawa mendengar hal ini, karena beberapa minggu sebelumnya, saya sempat juga merasa iri dengan kehidupan teman saya yang lain. Saya merasa hidupnya begitu menyenangkan dibandingkan saya, sudah menikah, punya karir yang bagus, punya anak-anak yang cantik dan tampan, dan kehidupan rumah tangganya sepertinya begitu sempurna. Begitu mendengar  teman saya ini iri melihat kehidupan saya, saya merasa begitu bodoh karena iri pada teman saya yang lain itu. Karena mungkin tanpa saya ketahui, teman saya yang saya cemburui kehidupannya itu juga iri dengan temannya yang lain, yang kelihatannya lebih sukses dari nya. Hehehehe… siklus iri hati yang tidak pernah berakhir.

 

Kamu mengingini sesuatu, tetapi kamu tidak memperolehnya, lalu kamu membunuh; kamu iri hati, tetapi kamu tidak mencapai tujuanmu, lalu kamu bertengkar dan kamu berkelahi. Kamu tidak memperoleh apa-apa, karena kamu tidak berdoa (Yakobus 4 : 2 BIS)

 

Seperti ayat diatas, kita mengingini sesuatu, sayangnya kita sering tidak mendapatkan apa yang kita ingini. Lalu kita melihat orang-orang sekitar kita yang  memiliki apa yang ingin kita miliki tersebut. Lalu timbullah rasa iri hati pada orang-orang tersebut, baik yang diakui atau yang tidak diakui. Makanya banyak sekali pertengkaran antara wanita, gosip-gosip menjatuhkan yang beterbangan di sekitar para wanita, kebanyakan semuanya berawal dari rasa iri hati.

 

Apa menurutmu Tuhan tidak adil karena memberikan hidup orang yang satu lebih baik daripada hidup orang yang lain?

 

Pernahkah kamu memperhatikan binatang-binatang ciptaan Tuhan. Saya pernah memperhatikan burung biru yang sering kelihatan di udara Canada. Burung itu hanya terbang dari pohon ke pohon memakan biji-biji atau buah-buahan di pohon.  Suaranya sama sekali tidak bagus, jauh kalah indah dibandingkan dengan suara burung mockingbird atau burung nightingale. Tapi burung biru kecil itu mempunyai warna tubuh yang indah, campuran hitam, biru dan putih. Ketika saya membuka jendela saya di pagi hari dan melihat burung biru kecil bertengger diatas pohon, hati saya merasa begitu senang. Tubuhnya begitu indah dibawah pantulan sinar matahari.

 

Bagaimana dengan buruk gagak? Warna tubuh buruk gagak hitam, suaranya menakutkan, bahkan sering dijauhi orang-orang karena dianggap pembawa sial. Beberapa orang ketakutan bila melihat buruk gagak bertengger dekat rumah mereka, takut terkena sial. Jika benar membawa sial, menurut saya yang kena sial ya burung itu sendiri. Tapi apakah itu benar? Apakah Tuhan menciptakan burung gagak begitu buruk, tanpa sedikitpun kelebihan dan hanya untuk dijauhi orang? Tidak benar ! Didalam penelitian yang pernah dilakukan terhadap burung-burung, diketahui bahwa buruk gagak adalah burung yang paling cerdas dari antara semua burung-burung. Burung ini mempunyai kemampuan belajar dan dapat memecahkan permasalahan dengan memanfaatkan sumber daya yang ada di sekitarnya (sumber : Wikipedia). Seekor burung yang kelihatan tidak menarik tapi punya kecerdasan luar biasa !

 

Tuhan adalah Allah yang adil, tidak pernah Ia menciptakan seseorang melulu dengan kekurangannya, tapi Ia juga memberikan kelebihan padanya. Setiap binatang yang Ia ciptakan saja mempunyai keunikan dan keistimewaan masing-masing, apalagi manusia, setiap manusia diciptakan dengan keistimewaannya masing-masing.

 

Kelebihan-kelebihan inilah yang membuat seorang manusia menjadi unik. Sayangnya, banyak orang terlalu berkonsentrasi melihat semua kekurangan pada dirinya  dan melihat kelebihan pada orang lain. Sehingga mereka menjadi frustasi dan stress melihat hidup mereka. Mereka lupa untuk memperhatikannya kelebihan dan keunikan yang mereka miliki dalam hidup mereka. Tapi seorang Wayne Gretzky tidak melakukan hal yang sering dilakukan kebanyakan orang itu.

 

Wayne Douglas Gretzky, (lahir 26 januari 1961) adalah seorang mantan pemain ice hockey profesional Canada dan mantan pelatih top. Dia bermain dalam National Hockey League (NHL) selama 20 musim untuk empat tim dari tahun 1979-1999. Nama panggilannya adalah “Yang terhebat”, dia sering dijuluki “pemain hockey terhebat yang pernah ada” oleh para penulis olahraga, para pemain dan NHL sendiri. Gretzky adalah pencetak gol terbanyak dalam sejarah NHL, dan tercatat banyak membantu pemain lain mencetak gol, dia adalah satu-satunya pemain NHL yang berhasil mengumpulkan 200 poin dalam satu musim pertandingan – dan dia berhasil melakukan hal seperti itu empat kali.

 

Prestasi Gretzky kelihatan terlalu hebat jika dibandingkan dengan tubuhnya. Ukuran tubuh, kekuatan dan kemampuan atletik dasar Gretzky  jauh dari mengesankan. Sebagai pemula di NHL berumur 18 tahun di tahun 1979, Gretzky kelihatan terlalu kurus, hanya sekitar 160 pounds/73 kg. Pada waktu itu, banyak kritikus berpendapat bahwa Gretzky “terlalu kecil, terlalu kurus dan terlalu lambat untuk berada di NHL. Meskipun dia berusaha menaikkan berat badannya sampai 185 pounds/84 kg di akhir karirnya, Gretzky masih dipandang terlalu kecil dibanding kebanyakan pemain NHL lainnya.  Menurut Gretzky sendiri, dia selalu berada di posisi terendah dalam tes penglihatan pheriperal, fleksibelitas dan kekuatan, dan hanya bisa mengangkat beban 140 pounds/64 kg. (Sumber : Wikipedia)

 

Ketika kamu (dengan berat badan 170 pounds) harus bermain dengan pemain-pemain dengan berat badan 210 pound, kamu akan belajar untuk mengetahui dimana setiap orang berada di lapangan es setiap saat,” kata Gretzky. Karena bertubuh kecil, Gretzky mengembangkan otak hockey yang luar biasa. Dia berlatih mengembangkan model hockey di kepalanya, mengingat semua pertandingan dan taktik yang pernah ada, membaca situasi yang ada dan membaca apa yang akan terjadi selanjutnya. Bersama ayahnya, Gretzky melatih otaknya dengan kepandaian membaca pertandingan selama bertahun-tahun. “Saya tidak bisa mengalahkan orang-orang dengan kekuatan saya; saya tidak mempunyai tembakan yang keras; saya bukan pemain skate tercepat dalam liga. Oleh karena itu, mata dan pikiran saya harus melakukan pekerjaan terberat”, katanya.

 

Gretzky terkenal sebagai pemain yang paling pandai dalam membaca pertandingan dan tidak tertandingi. Dia selalu bisa mengantisipasi dimana ‘puck’ (bola yang dimainkan dalam hockey) akan berada dan melakukan gerakan yang benar setiap saat. Penjaga gawang yang masuk Hall of Fame, Bobby Orr mengatakan bahwa Gretzky mengoper lebih baik dibandingkan orang lain yang pernah saya lihat. Dan dia selalu berpikir jauh kedepan”. Dia termasuk dalam pemain paling kreatif di permainan hockey.

Gretzky berkata, “saya tidak dianugerahi dengan kekuatan dan kecepatan; saya harus bekerja keras untuk dapat melakukan segala sesuatu yang saya lakukan dalam hockey, dan saya akan menjadi pelatih seperti itu.” Dan Gretzky berhasil melakukannya, ia mengasah kelebihan yang dipunyainya  menjadi kekuatannya yang luar biasa, tidak peduli dengan kekurangan yang ia miliki.

 

Bagaimana keadaanmu sekarang? Apa yang sering kamu lihat, kelebihanmu atau kekurangan yang kamu miliki? Apapun keadaanmu sekarang, berhentilah melihat pada kelemahanmu dan melihat kelebihan orang lain. Stop ! berhentilah melakukan semua hal itu! Tuhan menciptakan semua manusia dengan keunikannya masing-masing

Seorang teman saya yang kelihatan begitu pendiam di sekolah, dan sering di olok-olok oleh teman-teman yang lain, kini sukses luar biasa dalam karir, karena dia ternyata punya kemampuan analisa yang hebat, sehingga membawa keberhasilan bagi bos tempat perusahaan ia bekerja. Seorang teman lagi, yang dalam pekerjaannya sebagai administrasi kurang berhasil, ternyata sangat jago memasak, ia bisa memasak berbagai makanan dengan mudah dan sangat enak. Akhirnya dia memutuskan untuk berhenti bekerja dari pekerjaan administrasi, mengikuti sekolah memasak dan akhirnya sekarang bekerja sebagai chef sebuah hotel dan namanya sempat masuk ke dalam koran lokal sebagai chef yang hebat.

 

Setiap orang mempunyai kelebihan. Temukanlah kelebihanmu, fokus dan kembangkanlah kelebihan yang kamu miliki. Asahlah kelebihanmu, sehingga kamu bisa menjadi luar biasa dalam bidang itu. Kamu itu begitu unik, biarlah keunikanmu itu terpancar sehingga semua orang-orang melihatnya dan memuliakan Bapamu di Surga.

 

Silta NS

 

Apa yang sedang kamu lakukan dalam hidupmu sekarang? Apakah kamu bersekolah, bekerja atau malah tidak melakukan apapun? Apakah kamu sudah memberikan yang terbaik ketika kamu bersekolah, apakah kamu dapat menjadi contoh siswa yang baik, apakah nilai-nilai pelajaranmu adalah usaha terbaik yang bisa kamu lakukan? Apakah pekerjaanmu menunjukkan siapa dirimu, apakah kamu melakukan yang terbaik dalam setiap hal yang kamu lakukan walaupun hal-hal itu adalah hal sederhana, apakah kamu mengusahakan yang terbaik untuk bos mu, untuk perusahaan di tempatmu bekerja? Apa kamu sekarang tidak melakukan apapun (misalnya bersekolah atau bekerja) karena memang tidak ada kesempatan yang diberikan kepadamu, ataukah kamu memang malas dan tidak  mau mencari kesempatan tersebut? Jangan malas, Lakukanlah hal-hal sederhana dengan sempurna.

 

Apa yang kamu lakukan dengan waktu luangmu sekarang?  Apakah kamu menghabiskannya hanya untuk menonton TV, bermain game, bermalas-malasan, atau ngobrol ngalor ngidul, bahkan bergossip? Apakah kamu selalu menunda-nunda setiap pekerjaan hari ini untuk dilakukan esok hari? Apakah waktu luang yang kamu punyai sekarang, bisa digunakan untuk membantu orang lain atau keluargamu? Apakah waktu luang yang kamu punya sekarang bisa digunakan untuk mengembangkan dirimu sendiri? Jangan malas dan jangan menunda-nunda, waktu tidak akan pernah berulang, pergunakan waktu yang ada sekarang ini dengan sebaik-baiknya.

 

Apa yang kamu lakukan dengan hobi, kelebihan, bakat atau talentamu? Apakah kamu membiarkan semuanya itu tenggelam karena alasan tidak ada waktu, atau sebenarnya karena kamu malas melakukannya? Apakah kamu mengembangkan dan mengasah hobi, bakat atau talentamu untuk menjadi lebih baik dan berguna bagi orang-orang sekelilingmu? Jangan malas, gunakanlah hobi, bakat atau talentamu untuk memberkati orang-orang sekelilingmu.

 

“Hai pemalas, pergilah kepada semut, perhatikanlah lakunya dan jadilah bijak” Amsal 6:6

 

“Orang yang bermalas-malas dalam pekerjaannya sudah menjadi saudara dari si perusak” Amsal 18:9

 

 “Kemalasan mendatangkan tidur nyenyak, dan orang yang lamban akan menderita lapar.” Amsal 19:15

 

“Si pemalas dibunuh oleh keinginannya, karena tangannya enggan bekerja.” Amsal 21:25

 

Janganlah malas, janganlah menunda-nunda. Lakukanhal apa yang tanganmu bisa lakukan sekarang. Hiduplah dengan apa yang sudah Tuhan berikan kepadamu dan berikan yang terbaik dalam kapasitasmu sekarang.

 

Kembangkanlah bakat dan talentamu, belajarlah hal-hal baru dalam hidupmu, seperti belajar bahasa asing, belajar berenang, keahlian komputer atau belajar banyak hal-hal baru lainnya. Perkayalah hidupmu sendiri dan berkembanglah !!